Rabu, 29 Oktober 2008

Definisi Persepsi & Perilaku

Seperti yang gw bilang di posting gw soal attitude (sikap) nah skarang gw post tentang persepsi,, cape boo :( tp ttep semangat blajar okeee!!!

DEFINISI PERSEPSI


1. Wikipedia Indo
Persepsi adalah proses pemahaman ataupun pemberian makna atas suatu informasi terhadap stimulus. Stimulus didapat dari proses penginderaan terhadap objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan antar gejala yang selanjutnya diproses oleh otak. Proses kognisi dimulai dari persepsi.

2. Bimo Walgito
Persepsi merupakan proses yang terjadi di dalam diri individu yang dimulai dengan diterimanya rangsang, sampai rangsang itu disadari dan dimengerti oleh individu sehingga individu dapat mengenali dirinya sendiri dan keadaan di sekitarnya.

3. Davidoff
ersepsi merupakan proses pengorganisasian dan penginterpretasian terhadap stimulus oleh organisme atau individu sehingga didapat sesuatu yang berarti dan merupakan aktivitas yang terintegrasi dalam diri individu.

4. Bower
Persepsi ialah interpretasi tentang apa yang diinderakan atau dirasakan individu.

5. Gibson
Persepsi merupakan suatu proses pengenalan maupun proses pemberian arti terhadap lingkungan oleh individu.

6. Lindzey & Aronson
Persepsi juga mencakup konteks kehidupan sosial, sehingga dikenallah persepsi sosial. Persepsi social merupakan suatu proses yang terjadi dalam diri seseorang yang bertujuan untuk mengetahui, menginterpretasi, dan mengevaluasi orang lain yang dipersepsi, baik mengenai sifatnya, kualitasnya, ataupun keadaan lain yang ada dalam diri orang yang dipersepsi sehingga terbentuk gambaran mengenai orang lain sebagai objek persepsi tersebut.

7. Krech
Persepsi merupakan proses pemberian arti terhadaplingkungan oleh seorang individu.

8. Persepsi merupakan suatu proses yang dimulai dari penglihatan hingga terbentuk tanggapan yang terjadi dalam diri individu sehingga individu sadar akan segala sesuatu dalam lingkungannya melalui indera-indera yang dimilikinya.

Faktor2 yang mempengaruhi persepsi:
1. Karakteristik yang Mempersepsikan (Characteristics of the perceiver)
2. Karakteristik yang dipersepsikan (Characteristics of the perceived)
3. Kontek Situasi ( Situation Context)

DEFINISI PERILAKU

Perilaku adalah respon individu terhadap suatu stimulus atau suatu tindakan yang dapat diamati dan mempunyai frekuensi spesifik, durasi dan tujuan baik disadari maupun tidak.

Perilaku merupakan kumpulan berbagai faktor yang saling berinteraksi. Sering tidak disadari bahwa interaksi tersebut amat kompleks sehingga kadang-kadang kita tidak sempat memikirkan penyebab seseorang menerap-kan perilaku tertentu. Karena itu amat penting untuk dapat menelaah alasan dibalik perilaku individu, sebelum ia mampu mengubah perilaku tersebut.


Banyak sumber.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice effort, akan lebih sempurna jika pustaka nya di lampirkan..

tetap semangat.!
-Silamon-